Kamis, 02 Agustus 2012

Pengertian MS. Excel 2007


MENGENAL MICROSOFT EXCEL 2007

Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.
Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
Didalam program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel. Dengan cara menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard. Kita dapat memilih grafik dengan bentuk yang kita ***, seperti bentuk lingkaran, garis, kolom, area, radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dengan cara mengklik Tab Custom Types.
Didalam program ini kita juga dapat menggunakan Wordart semacam bentuk huruf atau model huruf yang merupakan variasi teks dan juga toolbar drawing yang digunakan untuk membuat garis, kotak, dan lingkaran. Kita dapat menggunakannya dengan cara mengklik insert, pilih picture setelah itu klik Wordart maka akan tampil variasi huruf yang menarik.
Microsoft Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu pengurutan data secara otomatis. Cara pengurutannya juga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu 1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.

Menjalankan Microsoft  Excel 2007. 
  1.  Cara 1 : Klik tombol Start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Excel 2007. 
  2. Cara 2 : Klik tombol star> run > Ketikkan "Excel" Enter.

Pengenalan  Interface/Tampilan  Microsoft Excel 2007.
Pada Windows Microsoft Excel 2007 yang muncul, terdapat beberapa
tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan mouse anda masingmasin
komponen berikut) :
Office Button – Quick Access Toolbar – Menu Bar (Baris Menu) – Title Ba
(Baris Judul) – Tool Bar (Baris Tool Bar) – Tombol Ukuran (Sizing Button)
Name Box - Formula Bar Column Baris - Tab Worksheet - Inser
Worksheet – Status Bar - Document Area – Horizontal Scroll Bar – Vertica
Scroll Bar – Zoom – Tampilan Layar.

1. Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
2. Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
3. Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
4. Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
5. Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
6. Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
7. Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
8. Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
9. Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
10. Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
11. Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
12. Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
13. Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
14. Status Bar, Status lembar kerja anda.
15. Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
16. Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan.
17. Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
18. Tampilan Layar, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.
19. Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.

Mengenal Workbook dan Worksheet
1. Membuat Worksheet baru Klik tombol Insert Worksheet pada tab Worksheet.

Anda akan mendapatkan Worksheet baru dibelakang Worksheet yang telah ada.

2. Mengubah Nama Worksheet Klik kanan pada Worksheet yang mau diganti nama nya. Pada menu pop-up yang muncul klik Rename.

Masukkan nama Worksheet yang baru, lalu tekan Enter pada keyboar anda.

Mengenal & Membuat  Range
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat range.
1. Letakkan kursor pada sel awal range yang anda inginkan.
2. Klik dan tahan tombol kiri mouse.
3. Bawa kursor ke sel akhir range.
4. Lepaskan tombol kiri mouse.

Memasukkan Data ke  Dalam Sel

Sekarang anda akan belajar memasukkan data ke dalam sel. Langkah-
langkahnya sebagi berikut :
1. Jadikan sel tersebut sebagai sel aktif.
2. Ketik data pada sel tersebut.
3. Tekan tombol Enter. Atau tombol panah pada keyboard untuk
memindahkannya.

Fasilitas AutoFill

Berikut langkah-langkah untuk memasukkan data secara berurutan Masukkan dua data pertama pada sel.
1.       Buat range pada kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil yang terletak pada sudut kanan bawah range. Kotak yang menampilkan isi sel akan muncul. Lepaskan tombol mouse kiri. Maka, seluruh sel pada range tersebut akan terisi secara otomotis dengan data yang berurutan.
2.       Memasukkan variasi data yang berupa angka dan teks. Masukkan dua data pertama pada sel. Buat range pada kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil yang terletak pada sudut kanan bawah range. Kotak yang menampilkan isi sel akan muncul. Lepaskan tombol mouse kiri. Maka, seluruh sel pada range tersebut akan terisi data angka dan teks secara berurutan.


Memindahkan Isi Sel

1.      Tempatkan mouse di bagian tepi (garis tebal), tapi jangan pada bagian ujung-ujungnya, sampai keluar tanda panah bersilangan. Pastikan bentuk kursor berubah seperti contoh berikut.

2.      Klik kiri mouse pada bagian tepi sel, tetap tekan tombol kiri mouse sambil gerakkan ke sel C2. Lepaskan tombol kiri mouse di sel C2. Hasilnya seperti ini:

Maka Nama Siswa pindah ke kanan bawah (C2)


Memindahkan  Isi Worksheet

Berikut ini langkah-langkah untuk memindahkan isi Worksheet dari satu lokasi ke
Worksheet lokasi yang lain.
1.      Buatlah range pada data Worksheet yang akan dipindahkan.
2.      Klik menu Home, kemudian klik toolbar Cut yang terletak dalam toolbar Clipboard.

3.      Garis batas range akan berkedip-kedip jika rangenya sudah di Cut.
4.      Buatlah sel aktif pada tempat yang dituju.
5.      Klik menu Home, kemudian klik toolbar Paste yang terletak dalam toolbar Clipboard.

Menghapus  Isi  Workbook

Berikut cara menghapus isi dalam Workbook.
1.      Menghapus isi sel. Jadikan isi sel yang akan dihapus sebagai sel aktif > tekan Delete pada keyboard anda.
2.      Menghapus isi range. Buatlah range yang isinya akan dihapus > tekan Delete pada keyboard anda.
3.      Menghapus Worksheet. Klik kanan lembar sheet, maka akan muncul manu pop-up > klik Delete pada menu pop-up tersebut.
4.      Menghapus Workbook. Buka Windows Explorer > Blok File yang akan dihapus > tekan Delete pada keyboard anda.

Sumber : Vanylablue.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar