MENGENAL
MICROSOFT EXCEL 2007
Pengertian
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan
dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para
akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam
perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel
juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat
keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap
bulan atau minggu.
Microsoft
Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft
Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan
yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang
akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena
dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.
Microsoft
Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun
juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk
mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.
Didalam
program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel.
Dengan cara menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard. Kita dapat memilih
grafik dengan bentuk yang kita ***, seperti bentuk lingkaran, garis, kolom,
area, radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dengan cara mengklik Tab Custom
Types.
Didalam
program ini kita juga dapat menggunakan Wordart semacam bentuk huruf atau model
huruf yang merupakan variasi teks dan juga toolbar drawing yang digunakan untuk
membuat garis, kotak, dan lingkaran. Kita dapat menggunakannya dengan cara
mengklik insert, pilih picture setelah itu klik Wordart maka akan tampil
variasi huruf yang menarik.
Microsoft
Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu pengurutan data secara
otomatis. Cara pengurutannya juga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu 1. Ascending
atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.
Menjalankan
Microsoft Excel 2007.
- Cara 1 : Klik tombol Start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Excel 2007.
- Cara 2 : Klik tombol star> run > Ketikkan "Excel" Enter.
Pengenalan
Interface/Tampilan Microsoft Excel 2007.
Pada Windows Microsoft Excel 2007 yang muncul, terdapat
beberapa
tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan mouse anda
masingmasin
komponen berikut) :
Office Button – Quick Access
Toolbar – Menu Bar (Baris Menu) – Title Ba
(Baris Judul) – Tool Bar
(Baris Tool Bar) – Tombol Ukuran (Sizing Button)
Name Box - Formula Bar Column
Baris - Tab Worksheet - Inser
Worksheet – Status Bar -
Document Area – Horizontal Scroll Bar – Vertica
Scroll Bar – Zoom – Tampilan
Layar.
1. Office Button terdiri atas perintah New Document,
Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
2. Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat
mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office
Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
3. Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft
Excel 2007 yaitu, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
4. Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang
sedang aktif.
5. Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi
tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
6. Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela
kerja.
7. Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan
pada Name Box.
8. Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
9. Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan
dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
10. Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad,
dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
11. Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan
Angka. Dari 1 hingga 1048576.
12. Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke
kertas kerja lain dengan mudah.
13. Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet
anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet
sebelumnya.
14. Status Bar, Status lembar kerja anda.
15. Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
16. Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar
ke kiri atau ke kanan.
17. Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar
ke atas atau ke bawah.
18. Tampilan Layar, terdiri dari perintah untuk merubah
tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan
Page Break Preview.
19. Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil
tampilan pada lembar kerja anda.
Mengenal
Workbook
dan
Worksheet
1. Membuat Worksheet baru Klik tombol Insert Worksheet
pada tab Worksheet.
Anda akan mendapatkan Worksheet baru dibelakang Worksheet
yang telah ada.
2. Mengubah Nama Worksheet Klik kanan pada Worksheet yang
mau diganti nama nya. Pada menu pop-up yang muncul klik Rename.
Masukkan nama Worksheet yang baru, lalu tekan Enter pada
keyboar anda.
Mengenal
& Membuat Range
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat range.
1. Letakkan kursor pada sel awal range yang anda
inginkan.
2. Klik dan tahan tombol kiri mouse.
3. Bawa kursor ke sel akhir range.
4. Lepaskan tombol kiri mouse.
Memasukkan Data ke Dalam Sel
Sekarang anda akan belajar memasukkan data ke dalam sel.
Langkah-
langkahnya sebagi berikut :
1. Jadikan sel tersebut sebagai sel aktif.
2. Ketik data pada sel tersebut.
3. Tekan tombol Enter. Atau tombol panah pada keyboard
untuk
memindahkannya.
Fasilitas AutoFill
Berikut langkah-langkah untuk memasukkan data secara
berurutan Masukkan dua data pertama pada sel.
1. Buat
range pada kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil yang
terletak pada sudut kanan bawah range. Kotak yang menampilkan isi sel akan
muncul. Lepaskan tombol mouse kiri. Maka, seluruh sel pada range tersebut akan
terisi secara otomotis dengan data yang berurutan.
2. Memasukkan
variasi data yang berupa angka dan teks. Masukkan dua data pertama pada sel.
Buat range pada kedua kotak data pertama tersebut. Klik dan tahan kotak kecil
yang terletak pada sudut kanan bawah range. Kotak yang menampilkan isi sel akan
muncul. Lepaskan tombol mouse kiri. Maka, seluruh sel pada range tersebut akan
terisi data angka dan teks secara berurutan.
Memindahkan Isi Sel
1. Tempatkan mouse di bagian tepi (garis tebal), tapi
jangan pada bagian ujung-ujungnya, sampai keluar tanda panah bersilangan.
Pastikan bentuk kursor berubah seperti contoh berikut.
2. Klik kiri mouse pada bagian tepi sel, tetap tekan
tombol kiri mouse sambil gerakkan ke sel C2. Lepaskan tombol kiri mouse di sel
C2. Hasilnya seperti ini:
Maka Nama Siswa pindah ke
kanan bawah (C2)
Memindahkan Isi Worksheet
Berikut ini
langkah-langkah untuk memindahkan isi Worksheet dari satu lokasi ke
Worksheet lokasi yang
lain.
1. Buatlah range pada data Worksheet yang akan dipindahkan.
2. Klik menu Home, kemudian klik toolbar Cut yang
terletak dalam toolbar Clipboard.
3. Garis batas range akan berkedip-kedip jika rangenya
sudah di Cut.
4. Buatlah sel aktif pada tempat yang dituju.
5. Klik menu Home, kemudian klik toolbar Paste yang
terletak dalam toolbar Clipboard.
Menghapus Isi Workbook
Berikut cara menghapus isi
dalam Workbook.
1. Menghapus isi sel. Jadikan isi sel yang akan dihapus
sebagai sel aktif > tekan Delete pada keyboard anda.
2. Menghapus isi range. Buatlah range yang isinya akan
dihapus > tekan Delete pada keyboard anda.
3. Menghapus Worksheet. Klik kanan lembar sheet, maka
akan muncul manu pop-up > klik Delete pada menu pop-up tersebut.
4. Menghapus Workbook. Buka Windows Explorer > Blok
File yang akan dihapus > tekan Delete pada keyboard anda.
Sumber : Vanylablue.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar